DI BALIK SUKSESNYA TEMAS MEMERANGI COVID-19

'Covid-19 adalah hal yang serius', itulah yang tertanam di dalam benak Satuan Tugas Covid-19 milik Temas Group yang resmi dibentuk pada tanggal 17 Januari 2021 dan dipimpin langsung oleh Bapak Sutikno Khusumo selaku Direktur Utama Temas Group di masa itu. Menelisik lebih dalam, Satgas Covid-19 milik Temas Group memiliki misi yang tidak hanya berfokus pada kesehatan karyawan namun juga kesehatan keluarga dari masing-masing karyawan tersebut. Satuan Tugas ini terbentuk karena adanya dorongan kuat dari manajemen dalam menjaga kesehatan seluruh karyawan dan tidak terlepas dari adanya arahan pemerintah untuk dibentuknya satuan tugas Covid-19 di setiap perusahaan.

 

"Agar dapat memudahkan pemantauan kondisi karyawan Temas Group dan keluarganya yang terkena Covid-19 sehingga bisa cepat mengambil langkah sigap dalam menyembuhkan karyawan yang terkena Covid-19 supaya dapat segera diberikan bantuan dan tidak ada lagi keluarga besar Temas Group yang terpapar Covid-19." Seperti itulah kira-kira latar belakang dari pembentukan Satuan Tugas Covid-19 Temas Group yang dijabarkan oleh Ibu Stella selaku salah satu anggota Satgas Covid-19 Temas dari bagian HRD.

 

Dalam menjalankan tugasnya, bagian HRD selaku pion utama dalam satuan tugas ini menunjuk satu penanggung jawab di masing-masing divisi untuk melaporkan kondisi kesehatan timnya setiap hari serta memantau dengan serius jika ada salah satu dari timnya yang kurang sehat bahkan jika menunjukan gejala Covid-19. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar karyawan maupun keluarga tidak terlambat dalam mendapatkan penanganan kasus covid-19 serta bisa segera sembuh dan kembali sehat. Selain itu Satuan Tugas Covid-19 Temas Group memiliki beberapa program yang ditargetkan langsung kepada seluruh karyawan beserta keluarga. Mulai dari melakukan pemantauan kondisi kesehatan setiap hari secara berkala untuk seluruh karyawan, memberikan masker setiap hari secara cuma-cuma, bahkan memberikan dukungan penuh obat-obatan serta vitamin bagi karyawan dan keluarga yang terpapar covid-19 lalu memantau hingga karyawan tersebut sembuh total dan hasil PCR dinyatakan Negatif. Tidak hanya itu, Satuan Tugas ini juga membuat tempat-tempat cuci tangan di seluruh pintu masuk area kantor, serta menempatkan botol-botol berisi hand sanitizer di banyak titik di  area kantor. Upaya ini dapat dijalankan karena tidak lepas dari adanya dukungan penuh seluruh jajaran Direksi di dalam tubuh Temas Group.

 

Upaya berkala lainnya yang dilakukan secara konsisten seperti melakukan desinfektan ruangan kerja setiap harinya, memberikan fasilitas hepa filter di setiap ruangan kerja, mengadakan WFH sesuai dengan aturan pemerintah, serta memberikan penyuluhan terkait Covid-19 sehingga memberi andil dalam meminimalisir dampak Covid-19 di dalam tubuh Temas Group.

 

Cukup banyak yang sudah dilakukan oleh Satuan Tugas Covid-19 Temas Group dalam menjalankan tugas di sela-sela pekerjaan utamanya di masing-masing bagian yang patut kita apresiasi. Upaya yang telah dilakukan sukses menurunkan angka penyebaran di wilayah Temas Group, bahkan jangka waktu penyembuhan untuk karyawan dan keluarga yang terpapar Covid-19 juga dapat dikatakan cukup singkat karena Satuan Tugas ini tanggap dalam memberikan dukungan bagi mereka yang terpapar Covid-19.

 

Kini satu tahun telah berlalu. Satuan Tugas Covid-19 Temas Group memiliki proyeksi baru, yakni; Mendukung program pemerintah dalam mengubah Pandemi menjadi Endemi dengan tetap konsisten menjalankan apa yang sudah menjadi kebiasaan untuk dilakukan. Yang sudah baik akan terus dilanjutkan, yang belum maksimal akan terus dimaksimalkan. Semua dilakukan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia agar rakyatnya sehat, ekonomi maju dan sejahtera Indonesia.

 

---

Penulis: Dicky Ardyansah 

Editor: Roselina Putri